Translate

loading...

TUGAS AKHIR PART 11 (RANCANGAN SISTEM USULAN)



BAB IV
RANCANGAN SISTEM USULAN

4.1.            Umum
     Sistem usulan yang telah direncanakan untuk PT Dana Dyaksa Loka merupakan perkembangan dari sistem yang berjalan pada PT Dana Dyaksa Loka, jadi mempunyai ciri dan alur yang hampir sama, sehingga karyawan atau staff mampu mempelajari dan mengikuti dengan baik sistem usulan yang akan diterapkan.

4.2.            Prosedur Sistem Akuntansi Usulan
1.        Proses Pemesanan mobil.
Customer menghubungi bagian operasional untuk memesan mobil menggunakan data customer yang diinput oleh bagian operasional, lalu bagian operasional mengintruksikan supir dan memberikan SPM (Surat Permintaan Muat) yang akan diperlihatkan kepada Security, lalu SPM tersebut akan disimpan kembali oleh supir sebagai arsip.
2.        Proses Pengiriman Barang.
Setelah supir sampai di perusahaan customer, lalu bagian gudang customer akan mengecek barang yang akan dimuat. Setelah barang sudah di muat supir akan membawa SJBS (Surat Jalan Belum di Stampel) untuk dikirim ke bagian gudang perusahaan atau pelanggan customer. Lalu sesampainya mobil di perusahaan yang dituju maka supir akan memberikan SJBS ke bagian gudang


perusahaan, lalu barang di bongkar dan di cek ulang oleh bagian gudang perusahaan. Setelah di bongkar bagian gudang perusahaan akan memberikan SJSS (Surat Jalan Sudah di Stempel) kepada supir sebagai tanda bukti barang sudah di kirim dan diterima dengan baik, lalu SJSS akan diberikan ke bagian operasional.
3.        Proses Penagihan.
Setelah bagian operasional menerima SJSS maka bagian operasional akan menginput data yang ada di SJSS dan mengcopy SJSS tersebut untuk disimpan sebagai arsip, lalu bagian operasional juga membuat INV (Invoice), RD (Rekap Data), dan TT (Tanda Terima). Setelah dibuat maka INV, RD tersebut diberikan kepada Direktur untuk di ACC, sedangkan TT di ACC oleh bagian operasional. Setelah di ACC data-data tersebut juga akan dibuatkan data master penagihannya dan diarsipkan, sedangkan yang asli akan diberikan ke Customer untuk proses penagihan.
4.        Proses Pembayaran
Customer melakukan transaksi pembayaran melalui bank, dan akan memberikan BT (bukti transaksi) kepada Direktur bahwa penagihan yang di ajukan sudah dibayarkan, lalu Direktur pun akan memberikan KW (Kwitansi) rangkap dua yang mana KW warna putih akan di berikan kepada customer, sedangkan KW warna merah disimpan sebagai arsip bersamaan dengan BT (Bukti Transaksi) bahwa pembayaran sudah diterima.

5.        Proses Laporan Penyewaan Mobil
Bagian operasional membuat laporan penyewaan mobil dan laporan jurnal umum atau penjurnalan setiap customer melakukan transaksi pembayaran penyewaan mobil yang diambil dari file bukti transaksi dan file data master terdiri dari KW (Kwitansi), INV (Invoice), dan RD (Rekap Data). Kemudian setelah dibuatkan laporan-laporan tersebut akan diberikan kepada Direktur dan diarsipkan.

4.3.            Diagram Alir Data (DAD) Sistem Akuntansi Usulan


Gambar IV.1. Diagram Konteks Sistem Akuntansi Usulan
Keterangan :
DC       : Data Customer                                  RD      : Rekap Data
SJBS    : Surat Jalan Belum di Stempel           TT        : Tanda Terima
SJSS    : Surat Jalan Sudah di Stempel           BT       : Bukti Transaksi
SPM    : Surat Permintaan Muat                     KW     : Kwitansi
LPM    : Lap. Penyewaan Mobil                     INV     : Invoice
                         LJU     : Lap. Jurnal Umum

4.4.            Kamus Data Sistem Usulan

       Untuk keterangan lebih lanjut tentang struktur dari arus data pada diagram alir data sistem berjalan, maka secara lebih terinci dapat dilihat pada kamus data sebagai berikut:

1.        Kamus Data Dokumen Masukan
a.     Nama arus data          : SJ ( SJBS dan SJSS)
Alias                            : Surat Jalan
Bentuk Data               : Cetakan otomatis
Arus Data                   : Customer       - Proses 2.0
                                           Bagian Gudang Perusahaan  - Proses 2.0
                                           Bagian Operasional   - Proses 2.0
 Penjelasan                  : Sebagai bukti pengiriman barang
 Periode                       : Setiap ada permintaan pengiriman
 Volume                       : Satu lembar pertrip
 Struktur data             : Header + Isi + Footer
 Header                        = Judul + Kepada Yth +No.PO + Tanggal +No. SJ +
Alamat
Keterangan :
No. PO * Nomor Purchase Order text 18 digit *
Tanggal = tanggal + bulan + tahun
No. SJ* Nomor Surat Jalan text 100 digit *
 Isi                                = 1{ Nama + Spesifikasi +Quantitas + Total Unit }
 Footer                        = Supir EXP. DDL + Diterima oleh + Pengirim +
Gudang + Hormat kami
Diterima* nama dan tanda tangan*
Hormat kami* nama dan tanda tangan*
2.        Kamus Data Dokumen Keluaran
a.     Nama arus data          : INV
Alias                            : Invoice
Bentuk Data               : Cetakan otomatis
Arus Data                   : Bagian Operasional   - Proses 3.0
  Direktur         - Proses 3.0
  Customer       - Proses 3.0
Penjelasan                  : Sebagai bukti penagihan kepada customer
Periode                        : Setiap jatuh tempo
Volume                        : Satu lembar
Struktur data              : Header + Isi + Footer
Header                       = Judul + Dari + Alamat + Nomor + Tanggal + Untuk +
Alamat
Keterangan :
Nomor * Nomor Invoice text 30 digit *
Tanggal = tanggal + bulan + tahun
Isi                               = 1{+ No + Deskripsi + Sat + Quantity + Harga Satuan
+ Jumlah Harga + Total + Terbilang}
Keterangan : -
 Footer                        = Tanggal + Paraf
 Hormat kami* nama dan tanda tangan*
b.      Nama arus data          : KW
Alias                            : Kwitansi
Bentuk Data               : Cetakan otomatis
Arus Data                   : Direktur         - Proses 4.0
                                     Customer       - Proses 4.0
Penjelasan                  : Sebagai bukti pembayaran
Periode                        : Setiap jatuh tempo
Volume                        : Satu lembar
Struktur data              : Header + Isi + Footer
Header                        = Judul
Isi                                 = 1{+ No. KW + Telah Terima Dari +Jumlah + Untuk
Pembayaran}
Keterangan :
No. KW* Nomor Kwitansi number 5 digit *
 Footer                         = Tanggal + Paraf
Hormat kami* nama dan tanda tangan*
c.     Nama arus data          : TT
Alias                            : Tanda Terima
Bentuk Data               : Cetakan otomatis
Arus Data                   : Bagian Operasional   - Proses 3.0
                                       Customer       - Proses 3.0
Penjelasan                  : Sebagai bukti penerimaan penagihan
Periode                        : Setiap jatuh tempo
Volume                         : Satu lembar
Struktur data               : Header + Isi + Footer
Header                        = Judul + Dari + Kepada
Isi                                 = 1{+ No + Nomor & Tanggal Invoice + Uraian + Nilai
+ Jumlah Keseluruhan}
 Keterangan : -
 Footer                         = Tanggal + Paraf
                                     Hormat kami* nama dan tanda tangan*
                                     Diterima* nama dan tanda tangan*
d.      Nama arus data         : SPM
Alias                            : Surat Permintaan Muat
Bentuk Data               : Cetakan otomatis
Arus Data                   : Bagian Operasional   - Proses 1.0
                                       Supir  - Proses 1.0
Penjelasan                  : Sebagai bukti adanya proses bongkar muat barang
Periode                        : Setiap pemesanan
Volume                        : Satu lembar
Struktur data              : Header + Isi + Footer
Header                       = Judul + Nomor + Kepada + Nomor Polisi + Nama
   Supir
Isi                                = 1{+ No + Uraian Tujuan + Banyak + Satuan +
Keterangan + Total}
 Footer                        = Tanggal + Paraf
                                     Mengetahui* nama dan tanda tangan*
                                     Hormat kami* nama dan tanda tangan*

4.5.            Spesifikasi Rancangan Sistem Usulan
4.5.1.      Bentuk Dokumen Masukan
1.        Nama Dokumen   : Surat Jalan Sudah di Stempel ( SJ )
Fungsi                  : Untuk melakukan penginputan data
Sumber                 : Customer
Tujuan                  : Bagian Gudang Perusahaan, Bagian operasional
Media                   : Cetakan otomatis
Jumlah                  : Satu lembar
Frekuensi             : Setiap terjadi pemesanan mobil
Bentuk                  : Lihat lampiran C.1
 4.5.2.      Bentuk Dokumen Keluaran 
        1.        Nama Dokumen   : Kwitansi
         Fungsi                  : Untuk melakukan penagihan
         Sumber                 : Direktur
         Tujuan                  : Customer
         Media                   : Cetakan otomatis
         Jumlah                  : Satu lembar
         Frekuensi             : Setiap terjadi pembayaran
         Bentuk                 : Lihat lampiran D.1 
2.        Nama Dokumen   : Tanda Terima
        Fungsi                  : Untuk melakukan penagihan
        Sumber                 : Bagian operasional
        Tujuan                  : Customer
        Media                   : Cetakan otomatis
        Jumlah                  : Satu lembar
        Frekuensi             : Setiap terjadi penagihan
        Bentuk                  : Lihat lampiran D.2 
3.       Nama Dokumen   : Invoice
        Fungsi                  : Untuk melakukan penagihan
        Sumber                 : Bagian operasional
        Tujuan                  : Direktur, Customer
        Media                   : Cetakan otomatis
        Jumlah                  : Satu lembar
        Frekuensi              : Setiap terjadi penagihan
        Bentuk                  : Lihat lampiran D.3

No comments:

Post a Comment

Postingan

TUGAS AKHIR PART 14 (Spesifikasi Sistem Komputer)

4.6.             Spesifikasi Sistem Komputer 4.6.1.       Umum      Menjalankan tentang penggunaan dari perangkat keras ( Hardware ) da...